Metode Liquid Penetrant Test

Senang bisa berjumpa kembali sobat ^_^
Pada artikel kali ini saya ingin membahas kembali mengenai Liquid Penetrant Test. Setelah sebelum nya sudah saya jelaskan mengenai Visual Inspection maka tahapan selanjutnya yaitu dengan Liquid Penetrant Test ini. Oke langsung aja kita simak 😉

Liquid Penetrant Test

Metode Liquid Penetrant Test merupakan metode NDT yang paling sederhana. Metode ini digunakan untuk menemukan cacat di permukaan terbuka dari komponen solid, baik logam maupun non logam, seperti keramik dan plastik fiber. Melalui metode ini, cacat pada material akan terlihat lebih jelas. Caranya adalah dengan memberikan cairan berwarna terang pada permukaan yang diinspeksi. Cairan ini harus memiliki daya penetrasi yang baik dan viskousitas yang rendah agar dapat masuk pada cacat dipermukaan material. Selanjutnya, penetrant yang tersisa di permukaan material disingkirkan. Cacat akan nampak jelas jika perbedaan warna penetrant dengan latar belakang cukup kontras. Seusai inspeksi, penetrant yang tertinggal dibersihkan dengan penerapan developer.
Kelemahan dari metode ini antara lain adalah bahwa metode ini hanya bisa diterapkan pada permukaan terbuka. Metode ini tidak dapat diterapkan pada komponen dengan permukaan kasar, berpelapis, atau berpori.
Kelebihan dari metode ini yaitu seperti yang kita ketahui ini adalah cara yang paling sederhana dalam metode NDT, sehingga kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk melakukan suatu pengujian. Serta sangat mudah kita melakukan metode yang satu ini, seperti mencari bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan pengujian, bagaimana prinsip kerjanya, serta mudah didapat dimanapun.

Nah cukup sampai disini saja artikel mengenai Liquid Penetrant Test, pada kesempatan selanjutnya saya akan membahas metode selanjutnya setelah Liquid Penetrant Test ini. Apakah itu? tetap simak blog saya ya ^^

kalau kalian mau informasi lebih lanjut, kunjungi saja TESTING INDONESIA ^_^

http://www.testingindonesia.com/article/
By infonondestructivetesting

Tinggalkan komentar