Eddy Current Testing | ECT – Pengujian dengan arus eddy

Eddy Current Testing | ECT – Pengujian dengan arus eddy

   Inspeksi dengan prinsip Arus Eddy saat ini adalah salah satu dari beberapa metode NDT / Uji Tak Rusak yang menggunakan prinsip “elektromagnetisme” sebagai dasar untuk melakukan pemeriksaan. Beberapa metode lain seperti Remote Bidang Pengujian (RFT), Flux Kebocoran (Yoke magnetic) dan Barkhausen Kebisingan juga menggunakan prinsip ini.
 
         Istilah arus eddy ( Eddy Current ) berasal
dari arus yang dianalogikan seperti terlihat di dalam air ketika menyeret sebatang kayu terhadap lebarnya: wilayah yang dilokalisir membentuk turbulensi yang dikenal sebagai pusaran arus menimbulkan pusaran terus menerus. Agak secara analogi, arus eddy dapat membutuhkan waktu untuk membangun dan dapat bertahan untuk waktu yang sangat singkat dalam konduktor karena induktansi mereka.

   Arus eddy (juga disebut Foucault arus [1]) adalah arus listrik induksi dalam konduktor oleh medan magnet yang berubah dalam konduktor. pusaran arus Ini memiliki induktansi dan dengan demikian menginduksi medan magnet. Bidang ini dapat menyebabkan gaya tolak-menolak, tarik-menarik [2] mendorong, menarik dan efek medan panas. Semakin kuat medan magnet diterapkan, atau semakin besar konduktivitas listrik konduktor, atau lebih cepat perubahan lapangan, maka semakin besar arus yang dikembangkan dan semakin besar bidang yang dihasilkan.
       Arus Eddy diciptakan melalui proses yang disebut induksi elektromagnetik. Ketika arus bolak diterapkan pada konduktor, seperti kawat tembaga, medan magnet berkembang di dalam dan sekitar konduktor. Medan magnet ini memperluas sebagai bergantian naik saat ini untuk maksimum dan runtuh lancar berkurang menjadi nol. Jika konduktor listrik lain dibawa ke dekat dengan bidang ini mengubah magnet, arus akan diinduksi dalam konduktor kedua ini. Eddy current adalah arus listrik induksi yang mengalir dalam bentuk melingkar. Mereka mendapatkan nama mereka dari “pusaran” yang terbentuk ketika cairan atau aliran gas di jalur melingkar sekitar hambatan ketika kondisi benar
         
Pengujian eddy saat ini memiliki asal-usul dengan temuan Michael Faraday induksi elektromagnetik pada tahun 1831. Faraday adalah seorang ahli kimia di Inggris selama awal 1800-an dan dikreditkan dengan penemuan induksi elektromagnetik, rotasi elektromagnetik, efek magneto-optik, diamagnetisme, dan fenomena lain. Pada tahun 1879, ilmuwan lain bernama Hughes mencatat perubahan dalam sifat-sifat kumparan ketika ditempatkan dalam kontak dengan logam konduktivitas dan permeabilitas yang berbeda. Namun, itu tidak sampai Perang Dunia Kedua bahwa efek ini dimanfaatkan dengan praktis untuk pengujian bahan. Banyak pekerjaan yang dilakukan di tahun 1950 dan 60-an, khususnya di pesawat dan nuklir industri. Pengujian eddy saat ini sekarang teknik pemeriksaan secara luas digunakan dan baik-dipahami.
                   http://en.wikipedia.org/wiki/Eddy_current 
 
 Berikut Instrument yang saya rekomendasikan beserta fitur-fiturnya :

CTS703

non-destructive-testing-big_cts-7032.jpg Feature:

  • Touch Screen Operation
  • Innovative Appearance
  • Intuitive Interface
  • Modular Design

Function:

  • Compact size and weighs only 2.6Kg
  • Modularized design for functional expansion
  • Large capacity lithium battery for long hours operation
  • Two groups of T&R channels
  • Hardware sampling frequency 200MHz
  • Square wave stimulation mode with continuous adjustable pulse width
  • It have TOFD and A-scan mode,easy for detection and evaluations
  • 6.5″ TFT LCD monitor with resolution 640×480 pixels
  • Full touch screen with panel keys, knobs, mouse and keyboard for easy operations
  • Simple operation, intuitive user interface which is easy for understanding

Application:

                                                                                           A-Scan

                                                                     
Bottom Crack Defect (Plate Thickness: 12mm)

                                                                                           
Inside Slag Inclusion Defect (Plate Thickness: 20mm)

 


Inside Gas Hole Defect (Plate Thickness :20mm)

kalau kalian mau informasi lebih lanjut, kunjungi saja TESTING INDONESIA ^_^

 

http://www.testingindonesia.com/article/

 

 

 

 

 

 

By infonondestructivetesting

Tinggalkan komentar