Metode Visual Inspection

Hai~ senang bertemu kembali sobat…

Di artikel-artikel saya yang sebelumnya, saya menjelaskan mengenai apa sih Non Destructive Testing (NDT) itu? Dan apa saja sih metode yang digunakan dalam tahapan NDT? Metode yang pernah saya sebutkan yakni:

 

-Visual Inspection

-Liquid Penetrant

-Magnetic Particles

-Radiographic Inspection (X-ray)

-Ultrasonic Inspection

-Dan Eddy Current Test.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai metode Visual Inspection terlebih dahulu. Setelah itu pada artikel selanjutnya saya akan membahas mengenai metode Liquid Penetrant, Magnetic Particles, dan lain lain. Saya membahasnya satu per satu agar kalian semakin memahami masing-masing dari metode pengujian Non Destructive Testing. Langsung aja yuk kita bahas 😉

Let’s go… 

Visual Inspection

 

       Visual Inspection, metode inspeksi yang paling dasar dan umum digunakan di dunia industri. Peralatan dalam Visual Inspection, diantaranya: fiberscopes, borescopes, kacamata pembesar dan cermin, video dengan zoom dalam pemeriksaan vessel, tangki besar dan kapal, ger. bong kereta tangki, saluran saluran pembuangan. Visual Inspection adalah hal yang pertama kali dilakukan pada saat melakukan pengujian NDT, dengan tujuan untuk menginspeksi secara langsung benda yang akan diuji apakah benda tersebut terdapat kerusakan atau tidak. Baru setelah itu dilakukan pengujian ke tahap-tahap lain, untuk memastikan apakah benda tersebut layak pakai, perlu diperbaiki atau diganti.

Seperti pada gambar di atas, metode visual inspection dilakukan dengan cara manual. Dengan tujuan seperti yang saya sebutkan diatas. Itu artinya kalian sudah memahami bukan, maksud dari Visual Inspection setelah melihat gambar diatas? 🙂


Demikian deskripsi singkat mengenai Visual Inspection, maaf kalau terlalu singkat. Karna kurang lebihnya saya rasa visual inspection itu sendiri tidak sulit untuk dipahami dan saya rasa pasti kalian sudah mengerti ^_^


kalau kalian mau informasi lebih lanjut, kunjungi saja TESTING INDONESIA ^_^

http://www.testingindonesia.com/article/

By infonondestructivetesting

Tinggalkan komentar